Installing net-snmp for windows

Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah protokol yang banyak digunakan untuk memantau peralatan jaringan seperti router, server, peralatan komputer bahkan perangkat seperti UPS. Net-SNMP adalah aplikasi yang digunakan untuk mengimplementasikan SNMP v1, SNMP SNMP v3 v2c dengan menggunakan IPv4 dan IPv6.

Download binaries ato source-nya di http://www.net-snmp.org/download.html

  • INSTALLING binaries for windows

net-snmp-5.4.1-3.win32.exe

klo dah selese download, double klick binaries net-snmp-5.4.1-3.win32.exe, akan terlihat seperti gambar

berikut :

net-snmp1

Setelah itu Next trus sampe installnya selesai .. haha

  • CONFIGURING net-snmp on windows

1. Buka windows explorer

2. Bikin file snmpd.conf menggunakan editor notepad di direktori C:\usr\etc\snmp yang isinya sebagai berikut :

rocommunity harian

3. Sebagai contoh saya bikin community harian, kemudian save dan exit

Kemudian buka cmd, ( Start >> Run >> cmd )

1. Masuk ke folder usr >> bin

C:\usr\bin>snmpd -V

No log handling enabled – turning on stderr logging
NET-SNMP version 5.2.1.2

Tekan Crtl+C

2. Masuk ke folder usr

C:\usr\bin> cd ..

C:\usr>registeragent.bat
Registering snmpd as a service using the following additional options:
.
-Lf “C:/usr/log/snmpd.log”
.
For information on running snmpd.exe and snmptrapd.exe as a Windows
service, see ‘How to Register the Net-SNMP Agent and Trap Daemon as
Windows services’ in README.win32.
.
Press any key to continue . . .

3. Konfigurasi net-snmp wat windows selesai, sekarang kita masukan net-snmpnya ke service, sebagai berikut :

C:\>net start “net-snmp agent”
The Net-SNMP Agent service is starting.
The Net-SNMP Agent service was started successfully.

4. Sekarang kita coba pastikan apakah net-snmp sudah berjalan dengan cara sebagai berikut :

C:\usr\bin>snmpwalk -Os -c harian -v 1 localhost system

About Agus Firdaus

Just me ..

One response to “Installing net-snmp for windows”

  1. Aji Horikita says :

    makasih yaw… bener2 mbantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: